ANALISIS ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM ROMAN KATAK HENDAK JADI LEMBU KARYA NUR SUTAN ISKANDAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

ARIF, TIRTANA NIRMAN (2020) ANALISIS ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM ROMAN KATAK HENDAK JADI LEMBU KARYA NUR SUTAN ISKANDAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARIF TIRTANA NIRMAN (E1C113010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul Aspek-Aspek pendidikan dalam Roman Katak Hendak Jadi Lembu Karya Nur Sutan Iskandar dan Hubungannya dengan Pembelajaran sastra di SMA adalah untuk mengetahui aspek-aspekpendidikan yang terkandung dalam roman tersebut dan mengetahui hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Analisis datanya menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah sttudi pustaka, pemahaman novel, pembahasan aspek pendidikan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa roman Katak Hendak Jadi Lembu karya Nur Sutan Iskandar, banyak mengandung nilai pendidikan yang dapat membantu proses pembentukan watak dan kepribadian anak didik terutama berfingsi dapat mengembangkan imajinasi, perasaan, rasa tanggung jawab, mental, dan kepribadian sosial dapat berfungsi mengembangkan moral dan keyakinan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Nilai Pendidikan, Roman, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:21
Last Modified: 13 Jul 2020 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item