ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA AGROINDUSTRI TEMERODOK TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA SAKRA KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Lalu, Yogiy Samsani (2020) ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA AGROINDUSTRI TEMERODOK TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA SAKRA KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Lalu Yogiy Samsani (C1G016118).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis biaya dan pendapatan usaha agroindustri temerodok di Desa Sakra; (2) menganalisis efisiensi ekonomi agroindustri temerodok di Desa Sakra; dan (3) Menganalisis Kontribusi Pendapatan usaha agroinudustri temerodok terhadap pendapatan rumah tangga/keluarga di Desa Sakra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling di Desa Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Penentuan jumlah responden menggunakan metode sensus dengan cara mencatat semua elemen (responden) yang diselidiki. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 20 orang.Unit analisis yang digunakan adalah produsen temerodok sebagai pengusaha atau penjual temerodok di Desa Sakra.Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.Analisis yang digunakan yaitu analisis perhitungan biaya, penerimaan, pendapatan, R/C Ratio, pendapatan luar agroindustri temerodok, pendapatan total rumah tangga dan kontribusi pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Biaya produksi pada usaha agroindustri temerodok ini dalam satu kali proses produksi yaitu Rp 344.785,45 dengan pendapatan yang diperoleh dalam satu kali proses produksi yaitu Rp 229.964,55 dan pendapatan per bulannya sebesar Rp 5.979.078,215. (2) Efisiensi ekonomi (R/C Ratio) yang diperoleh pada usaha agroindustri temerodok ini sebesar 1,67 per bulan, yang berarti usaha temerodok ini menguntungkan atau layak diusahakan dan terus dikembangkan. (3) Kontribusi pendapatan usaha agroindustri temerodok terhadap pendapatan rumah tangga pelaku usaha temerodok di desa Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur cukup tinggi yaitu sebesar 46,83% tetapi lebih kecil dibandingkan dengan kontribusi pendapatan luar agroindustri temerodok yaitu sebesar 53,17% yang berarti usaha agroindustri temerodok bukan merupakan pekerjaan pokok melainkan merupakan pekeerjaan sampingan pelaku usaha/produsen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Agroindustri Temerodok, Biaya dan Pendapatan, Pendapatan Rumah Tangga, Kontribusi Pendapatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:11
Last Modified: 08 Jul 2020 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item View Item