PROSIDING SEMINAR NASIONAL : MEMBANGUN PERTANIAN SEHAT UNTUK MENDUKUNG PENGUATAN KETAHANAN PANGAN MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI ERA INDUSTRI 4.0

MANSUR MA'SHUM, MANSUR and SUWARDJI, SUWARDJI and MULYATI, MULYATI and BAHARUDIN. AB, BAHARUDIN and JOKO PRIYONO, JOKO and MUKTASAM, MUKTASAN and BAMBANG BUDI. S, BAMBANG and WAYAN WANGIYANA, WANGIYANA and I WAYAN SUDIKA, SUDIKA (2020) PROSIDING SEMINAR NASIONAL : MEMBANGUN PERTANIAN SEHAT UNTUK MENDUKUNG PENGUATAN KETAHANAN PANGAN MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI ERA INDUSTRI 4.0. In: Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis - 53 Fak. Pertanian Unram.

[img] Text
prosiding seminar - FIX.pdf

Download (12MB)

Abstract

Ketahanan pangan bukan sekedar persoalan kecukupan pangan, akan tetapi kualitas mutu dan keamanan juga menjadi perhatian dengan menghadirkan kemudahan akses ke masyarakat. Saat ini kita dihadapkan pada era industry 4.0, di mana masyarakat kita sangat memerlukan edukasi dari semua aspek dalam menghadapi era ini. Sehingga peran peneliti, akademisi dan bahkan pihak swasta yang bergerak pada bidang pertanian diharapkan bersinergi dalam menunjang era industry global 4.0. salah satu langkah strategis dalam mempercepat kedaulatan pangan yakni dengan menerapkan pertanian berkelanjutan. Dalam rangka diesnatalis yang ke 53, Fakultas Pertanian Universitas Mataram mengadakan seminar nasional dengan tema “Membangun Pertanian Sehat untuk Mendukung Penguatan Ketahanan Pangan Menuju Sustainable Development Goals di Era Industri 4.0” Prosiding ini memuat makalah dalam bidang: Pengelolaan pertanian sehat untuk mendukung SDGs; Pengelolaan biomassa sebagai sumber energi dan pembenah tanah; Pertanian cerdas (Smart Farming) di Era Revolusi Industri 4.0; Pengelolaan karbon, perubahan iklim dan biodiversitas; Dinamika sosial ekonomi pertanian dan ketahanan pangan. Terima kasih kami sampaikan kepada tim editor yang telah bekerja keras untuk dapat menyelesaikan prosiding ini sesuai rencana. Tentu dalam penyuntingan maupun penulisan masih ada kekeliruan kami atas nama panitia mohon maaf. Akhir kata, semoga prosiding ini bermanfaat bagi kemajuan pertanian di Indonesia, khususnya bagi pemakalah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): PROSIDING
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Muslimin Muslimin
Date Deposited: 08 Jul 2020 14:04
Last Modified: 08 Jul 2020 14:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item View Item