PENERAPAN KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANDYANI JAGARAGA TAHUN PEL AJARAN 2016/2017

NURSEHAN, SITI (2017) PENERAPAN KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANDYANI JAGARAGA TAHUN PEL AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
skripsi bu sehan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

Kemampuan motorik halus sangat dipengaruhi oleh organ otak. Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan meronce. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara di TK Handayani Jagaraga terkait dengan kegiatan meronce yang masih jarang dilakukan oleh anak sehingga kemampuan anak dalam melakukan kegiatan yang membutuhkan keterampilan meronce masih kurang, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan meronce untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Handayani Jagaraga tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan kegiatan meronce untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Handayani Jagaraga tahun pelajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B yang berusia 5-6 tahun di TK Handayani Jagaraga yang berjumlah 17 orang anak. Hasil penelitian diperoleh bahwa terbukti dari hasil penelitian yang dimulai dari tahap pengembangan I yang mencapai 62.4%, menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan motorik halus anak belum mencapai target ketercapaian dalam penelitian ini yakni 80%. Hal ini disebabkan karena masih banyak terdapat kekurangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang mengakibatkan kemampuan motorik halus anak belum terstimulasi dengan baik sehingga pengembangan motorik halus anak masih berjalan lambat. Kemudian mengalami peningkatan hingga 78.2% pada tahap pengembangan II dan tahap III terlaksana dengan sangat baik, di mana pada tahap III ini mencapai rata-rata 86% dan telah mencapai target penelitian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan meronce yang tepat dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Handayani Jagaraga Tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motorik Halus, Kegiatan Meronce
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Mar 2018 04:00
Last Modified: 24 Mar 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item