PENGGUNAAN SELEDRI (Apium graveolens L.) SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN ALAMI DALAM SOSIS DAN EFEKNYA TERHADAP KADAR LEMAK DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SELAMA PENYIMPANAN

FENNI, KUSUMANINGTIAS (2020) PENGGUNAAN SELEDRI (Apium graveolens L.) SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN ALAMI DALAM SOSIS DAN EFEKNYA TERHADAP KADAR LEMAK DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SELAMA PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FENNI KUSUMANINGTIAS RAHMANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan seledri (Apium graveolens L.) sebagai antioksidan alami dalam sosis daging sapi terhadap kadar lemak dan aktivitas antioksidan selama penyimpanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober 2019 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) dan Laboratorium Analisis Fakultas MIPA. Bahan yang digunakan adalah daging sapi dan seledri (Apium graveolens L.). Variabel yang diamati terdiri dari kadar lemak dan aktivitas antioksidan sosis daging sapi. Penelitian ini dirancang berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 4x3 yaitu 4 perlakuan (P0;0%, P1;0,34%, P2;0,68%, P3;1,02%) dan 3 lama penyimpanan (1, 7 dan 14 hari). Masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Data kadar antioksidan dan lemak dianalisis menggunakan analisis ragaman (ANOVA) dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian penambahan tepung seledri (Apium graveolens L.) menunjukan perbedaan yang nyata (P<0,05) dalam menurunkan kadar lemak pada sosis daging sapi, kadar lemak terendah terdapat pada P3. Untuk hasil penelitian kadar aktivitas antioksidan menunjukan perbedaan yang sangat nyata (P<0,01) dalam perannya sebagai antioksidan alami pada sosis daging sapi, antioksidan tertinggi terdapat pada P3.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : seledri (Apium graveolens L.), sosis, lemak, antioksidan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:45
Last Modified: 03 Aug 2020 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16311

Actions (login required)

View Item View Item