PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DI GUGUS II LINGSAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

Lalu, Irman (2020) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DI GUGUS II LINGSAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU IRMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

xvi Penelitian ini bertujuan Mengetahui tingkat Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus II Lingsar Keacamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020 serta mengetahui Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus II Lingsar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahuan Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus II Kecamatan Lingsar, sedangkan sampel adalah siswa kelas V.A SDN 3 Batu Kumbung sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 1 Batu Kumbung sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogentias selanjutnya menguji hipotesis penelitian dan uji lanjutan dengan uji effect size. Kemudian data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian, Hasil analisis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,034 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig. 2 tailed < 0,05 t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus II Lingsar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Selanjutnya untuk melihat seberapa besar pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus II Lingsar maka dilakukan uji lanjutan menggunakan uji effect size maka di peroleh nilai sebesar 0,65 yakni termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian yaitu Pendekatan pembelajaran matematika realistik memiliki perubahan terhadap hasil belajar kognitif maupun psikomotor siswa terlihat dari proses pembelajaran dikelas serta pendekatan pembelajaran matematika realistik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan uji hipotesis diperoleh sig. 2 tailed sebesar 0,034 < 0,05. Besar pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,65 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Matematika Realistik, Hasil Belajar, Lembar Observasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:35
Last Modified: 27 Jul 2020 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16377

Actions (login required)

View Item View Item