PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN BERORIENTASI SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

MINASARI, MINASARI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN BERORIENTASI SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS MINASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat merupakan inovasi pembelajaran yang berfokus membimbing peserta didik agar mampu berpikir secara global tentang keterkaitan antara konsep yang dipelajari dengan manfaatnya dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep peserta didik pada materi asam dan basa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest- posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Mataram yang berjumlah 216 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak, sehingga diperoleh dua kelas sebagai kelas eksperimen sebanyak 64 orang dan dua kelas sebagai kelas kontrol sebanyak 65 orang. Data keterampilan proses sains diperoleh berdasarkan hasil observasi sedangkan data penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan essay sebanyak 4 soal yang berdasarkan pada taksonomi bloom revisi Anderson. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Manova. Hasil keterampilan proses sains diperoleh skor rata-rata rata kelas eksperimen sebesar 85 dan skor rata- rata kelas kontrol sebesar 70. Hasil uji hipotesis untuk keterampilan proses sains menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 90 dan skor rata-rata kelas kontrol sebesar 70. Hasil uji hipotesis untuk penguasaan konsep menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep peserta didik, serta ada hubungan antara keterampilan proses sains dan penguasaan konsep melalui model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pembelajaran Penemuan, Sains Teknologi Masyarakat, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:45
Last Modified: 13 Aug 2020 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16496

Actions (login required)

View Item View Item