GULMA SEBAGAI INANG ALTERNATIF PENYAKIT GEMINIVIRUS DI PERTANAMAN SEMANGKA (Citrullus lanatus) DAN DETEKSI MOLEKULER DENGAN PCR

Baiq, Fanisa Yulika Silvi (2020) GULMA SEBAGAI INANG ALTERNATIF PENYAKIT GEMINIVIRUS DI PERTANAMAN SEMANGKA (Citrullus lanatus) DAN DETEKSI MOLEKULER DENGAN PCR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Baiq Fanisa Yulika Silvi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gulma sebagai inang alternatif kutu kebul vector penyakit geminivirus di pertanaman semangka dan deteksi keberadaan geminivirus menggunakan deteksi PCR. Percobaan dilakukan di desa Gapura, Kawo, dan Segala Anyar, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah pada bulan November sampai dengan bulan Desember 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengamatan dilakukan di 3 lokasi berbeda dengan menggunakan ploting area, yang dibagi menjadi 5 titik sampel pengamatan. Masing-masing titik pengamatan diamati semua jenis gulma yang ada di pertanaman semangka dan gulma yang bergejala keriting kuning. Sampel gulma diidentifikasi menggunakan teknik PCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gulma sangketan (Heliotropium indicum) dan madras karpet (Grangea maderaspatana) dapat menjadi inang alternatif geminivirus di pertanaman semangka. Rata-rata populasi kutu kebul terbanyak sebesar 19,15 ekor pada gulma madras karpet di desa Gapura. Intensitas penyakit tertinggi disebabkan oleh geminivirus sebesar 79,35% pada gulma madras karpet di desa Gapura. Hasil amplifikasi PCR menggunakan primer Krusty and Homer (K/H) mampu mendeteksi geminivirus pada 2 spesies gulma dengan berat molekul DNA, yaitu 580 bp.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Gulma, Inang Alternatif, Geminivirus, Bemisia tabaci Genn., PCR
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:31
Last Modified: 13 Aug 2020 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16579

Actions (login required)

View Item View Item