IMPLEMENTASI CEDAW (CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF DISCRIMINATION AGAINST WOMEN) DI INDIA: STUDI KASUS DISKRIMINASI PEREMPUAN DALAM TRADISI PEMBERIAN DOWRY/MAHAR

WIWIK, SUKARNI PERTIWI (2020) IMPLEMENTASI CEDAW (CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF DISCRIMINATION AGAINST WOMEN) DI INDIA: STUDI KASUS DISKRIMINASI PEREMPUAN DALAM TRADISI PEMBERIAN DOWRY/MAHAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIWIK SUKARNI PERTIWI (L1A016088).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi CEDAW (Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women) terhadap diskriminasi perempuan dalam tradisi pemberian dowry (mahar) di India. Penelitian ini menggunakan konsep feminisme untuk mengetahui permasalahan diskriminasi perempuan yang diimbulkan dari budaya dowry di India, konsep Good Governance untuk mengetahui bagaimana peran pemerintahan India dalam mengatasi permasalahan dowry di negaranya, dan konsep Organisasi Internasional untuk mengtahui apa saja peranan organisasi internasional dalam membantu India menyelesaikan masalah diskriminasi yang di timbulkan oleh budaya dowry tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan dalam hal tradisi pemberian dowry (mahar) termasuk dalam kekerasan kultural, karena dowry (mahar) ini muncul dari tradisi Hindu yang mengharuskan pengantin perempuan membayar mahar kepada pengantin laki-laki sebelum menikah. Kekerasan karena tradisi pemberian dowry ini biasanya terjadi karena keluarga dari sang pengantin wanita tidak dapat memenuhi permintaan mahar dari keluarga laki-laki sehingga sang pengantin wanita banyak mendapat tindak kekerasan oleh suami dan keluarganya bahkan sampai terjadi pembunuhan. Dalam menyelesaikan masalah diskriminasi perempuan dinegaranya pemerintah India tidak hanya sendiri, pemerintah India juga dibantu oleh organisasi Internasional seperti UN Women dan CARE.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Diskriminasi Perempuan India, Dowry, CEDAW
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:31
Last Modified: 13 Aug 2020 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16583

Actions (login required)

View Item View Item