PENAMBAHAN LUBANG PORI PADA PAVING BLOK DALAM UPAYA MENGURANGI LIMPASAN AIR PERMUKAAN The Addition Pore Hole On Paving Block In Effort To Reduce Surface Water Runoff

Fiki, Dinan Atsmara (2020) PENAMBAHAN LUBANG PORI PADA PAVING BLOK DALAM UPAYA MENGURANGI LIMPASAN AIR PERMUKAAN The Addition Pore Hole On Paving Block In Effort To Reduce Surface Water Runoff. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL [ FIKI DINAN ATSMARA ].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Saat ini, pembangunan didaerah perkotaan meningkat sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi dan perkembangan pariwisata yang pesat. Kondisi ini menyebabkan jumlah lahan hijau untuk resapan air menjadi berkurang, sehingga debit limpasan permukaan meningkat yang dapat memicu banjir dan genangan air. Untuk mengurangi terjadinya banjir dan genangan, maka perlu upaya untuk mengurangi penggunaan tutupan lahan kedap air (perkerasan beton) dan menggantinya dengan tutupan lahan yang dapat meningkatkan resapan air hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pori pada paving block terhadap besarnya nilai koefisien limpasan permukaan (C). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Penelitian ini menggunakan paving block berbentuk segi empat ukuran 20 x 20 x 6 cm dengan variasi bentuk paving block tanpa lubang pori dan paving block berpori. Pengukuran yang dilakukan yaitu pengukuran intensitas hujan, volume limpasan, dan koefisien limpasan permukaan (C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan lubang pori akan memberikan pengaruh terhadap nilai koefisien limpasan permukaan. Pada paving block tanpa lubang pori memiliki nilai koefisien yang lebih besar. Adapun nilai koefisien yang dihasilkan untuk semua variasi pengujian antaralain yaitu nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan paving block tanpa lubang pori berkisar 0,38 – 0,44, penggunaan pekerasan paving block berpori tanpa pengisi pori memiliki koefisien limpasan terendah dengan nilai berkisar 0,24 – 0,37, paving block berpori dengan rumput sebagai pengisi pori berkisar 0,28 – 0,39, paving block berpori dengan kerikil sebagai pengisi nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan berkisar 0,27 – 0,39.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Paving Block, Rumput, Kerikil, Koefisien Limpasan (C).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:17
Last Modified: 13 Aug 2020 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16589

Actions (login required)

View Item View Item