PENGARUH JENIS RUMPUT TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN PADA TANAH PASIR DAN LEMPUNG KEPASIRAN

NURUL, AENI (2020) PENGARUH JENIS RUMPUT TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN PADA TANAH PASIR DAN LEMPUNG KEPASIRAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA NURUL AENI (F1A016129) Pengaruh jenis rumput terhadap limpasan permukaan pada tanah pasir dan lempung kepasiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jumlah dan kecepatan limpasan permukaan selain bergantung pada luas areal tangkapan,juga tidak kalah pentingnya pada intensitas hujan dan kondisi fisik seperti kepadatan tanah, keadaan penutup lahan serta kemiringan leremg. Limpasan permukaan dengan jumlah dan kecepatan yang besar sering menyebabkan pemindahan atau pengangkutan massa tanah besar-besaran pula.Bila hujan yang jatuh deras dan lama, maka kelebihan limpasan permukaan menjadi lebih besar akan mengakibatkan banjir.Sehingga diperlukan suatu arahan terhadap penggunaan lahan agar tetap berpedoman pada keseimbangan lingkungan. Salah satu jenis tutupan lahan vegetasi yang sering digunakan berupa rumput gajah mini(Pennisetum purpureum schamach).Rumput gajah mini termasuk dalam jenis rumput gajah yang telah dikembangkan karena kuat terhadap tekanan termasuk perubahan kondisi tanah.Jenis tutupan lahan berupa rumput ini diharapkan dapat mengurangi jumlah limpasan aliran di permukaan .Setiap jenis rumput memiliki bentuk akar, daun dan kemampuan yang berbeda dalam mengurangi limpasan permukaan dan meningkatkan laju infiltrasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Pengukuran yang dilakukan adalah pengukuran intensitas hujan rata-rata, volume limpasan, dan koefisien aliran permukaan (C).Lahan yang diuji menggunakan tanah pasir dan lempung berpasir dan tiga jenis rumput yaitu, rumput gajah mini, rumput jepang,dan rumput alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan penutup rumput gajah mini, rumput jepang, dan rumput alam pada kedua jenis tanah yaitu tanah pasir dan tanah lempung kepasiran dapat mengurangi laju air dan memberikan pengaruh terhadap besarnya nilai koefisien limpasan permukaan (C). Pada lahan uji tanah pasir dengan tutupan lahan rumput gajah mini mendapatkan nilai koefisien limpasan(C) terbesar yaitu 0,14.Sedangkan tutupan lahan rumput jepang mendapatkan nilai koefisien limpasan(C) yaitu 0,11 dan tutupan lahan rumput alam mendapatkan nilai koefisien limpasan (C) yaitu 0,12.Pada lahan uji tanah lempung kepasiran dengan tutupan lahan rumput gajah mini mendapatkan nialai koefisien limpasan (C) terbesar yaitu 0,37.Sedangkan tutupan lahan rumput jepang mendapatkan nilai koefisien limpasan(C) yaitu 0,22 dan tutupan lahan rumput alam mendapatkan nilai koefisien limpasan(C) yaitu 0,22.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Koefisien Limpasan Permukaan (C), Volume Limpasan, Intensitas Hujan, Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang, dan Rumput Alam
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:17
Last Modified: 13 Aug 2020 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16591

Actions (login required)

View Item View Item