PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS KOOPERATIF DAN OUTCOMES BASED EDUCATION TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS DI SMAN 8 MATARAM

KUMALA, RATNA DEWI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS KOOPERATIF DAN OUTCOMES BASED EDUCATION TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS DI SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KUMALA RATNA DEWI (E1A016032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir kritis dinyatakan sebagai keterampilam yang esensial dalam masyarakat abad 21, untuk meningkatkan kemampuan tersebut pada kondisi pandemi covid-19 diperlukan suatu inovasi kegiatan pembelajaran yang mampu melatih kemampuan literasi sains dan berpikir kritis. Salah satu inovasi pembelajaran yang diduga mampu mencapai kemampuan literasi sains dan berpikir kritis ialah pembelajaran online berbasis kooperatif dan outcome based education terintegrasi kearifan lokal. Pembelajaran online tersebut merupakan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan sintaks kooperatif, dan nilai kearifan lokal terintegrasi di dalamnya sebagai upaya melestarikan lingkungan dan terbentuknya outcome pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online berbasis kooperatif dan outcome based education terintegrasi kearifan lokal terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis di SMAN 8 Mataram. Metode penelitian menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design, teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dan data dianalisis menggunakan MANOVA dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil analisis Test Between Subject Effect menghasilkan nilai signifikan kemampuan literasi sains peserta didik sebesar 0,000, sedangkan kemampuan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,004. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa pembelajaran online berbasis kooperatif dan outcome based education terintegrasi kearifan lokal berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran Online berbasis kooperatif, Literasi Sains,Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:16
Last Modified: 13 Aug 2020 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16603

Actions (login required)

View Item View Item