IMPLEMENTASI REMEDIAL TEACHING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 22 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BAITI, NURJANNATI (2020) IMPLEMENTASI REMEDIAL TEACHING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 22 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial teaching pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 22 Praya Lombok Tengah. Pelaksanaan remedial teaching meliputi tahap a) persiapan (penelaahan kembali kasus), b) pelaksanan kegiatan remedial teaching (pemberian layanan khusus dan pelaksanaan pembelajaran perbaikan remedial teaching), c) evaluasi (hasil dan tindak lanjutnya). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi untuk memperoleh keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (pengumpulan data). Hasil dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan remedial teaching guru sudah melaksankannya secara optimal dan maksimal, terbukti dari tindakan guru yang sudah melaksankan aspek-aspek pelaksanaan remedial teaching seperti, penelaahan kembali kasus, pemilihan alternative tindakan, pemberian layanan khusus/konseling, pelaksanaan remedial teaching, post test/pengukuran kembali hasil belajar, reevaluasi/rediagnosa. Guru menganalisis nilai pelajaran matematika dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) guru juga menggunakan rata-rata kelas untuk mengetahui siswa yang membutuhkan pertolongan. Guru juga sudah mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa dan sudah memperkirakan alternatif bantuan yang tepat untuk diberikan kepada siswa yang bermasalah. Guru sendiri yang menetapkan pelaksanakan remedial. Semua siswa mendapatkan perlakuan sama. Pelaksanaan remedial teaching dengan pendekatan kuratif berlangsung setelah evaluasi pada akhir jam pelajaran. Metode pemberian tugas, kerja kelompok, diskusi, Tanya jawab dan pembelajaran individual digunakan di kelas V, Semua siswa mengerjakan soal yang sama. Hasilnya, nilai siswa meningkat setelah mengikuti program remedial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Implementasi remedial teaching, Kesulitan belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:59
Last Modified: 18 Aug 2020 04:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16677

Actions (login required)

View Item View Item