EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kadek, Dwi Putri Meilani (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen dengan desain pretest and post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian sebelum diberikan perlakuan untuk melihat kemampuan awal siswa yaitu pada materi pola bilangan dan barisan bilangan, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu masuk dalam kategori efektif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu masuk dalam kurang efektif digunakan pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII-D SMP Negeri 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions, Aktivitas dan hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:15
Last Modified: 24 Aug 2020 04:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16715

Actions (login required)

View Item View Item