PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AHMAD, ZUHDI JAELANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD ZUHDI JAELANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain post-test only non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan VIII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (post test) pada materi pola bilangan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:25
Last Modified: 25 Aug 2020 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item View Item