PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURKAMARIA, NURKAMARIA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) pada pembelajaran lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrument dalam penelitian ini, yaitu pada aktivitas guru dan siswa dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas yang terdiri dari 7 indikator dan masing-masing indikator terdiri dari 3 deskriptor sedangkan pada hasil belajar siswa dilihat dari hasil evalusi setiap akhir siklus dengan bentuk soal uraian. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori tinggi dan hasil belajar minimal rata-rata nilai 75 dengan presentase ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : skor aktivitas siswa pada siklus I 9,65 dengan kategori cukup tinggi pada pertemuan 1 dan 13,32 dengan kategori tinggi pada pertemuan 2, siklus II skor aktivitas siswa 13,65 dengan kategori tinggi pada pertemuan 1 dan 14,98 dengan kategori tinggi pada pertemuan 2 dan skor aktivitas siswa pada siklus III 16,97 dengan kategori tinggi pada pertemuan 1 dan 19,31 dengan kategori tinggi pada pertemuan 2 serta rata-rata nilai siklus I 71,45 dengan ketuntasan klasikal 65%, rata-rata nilai siklus II 79,95 dengan ketuntasan klasikal 76,91% dan rata-rata nilai siklus I 85 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I, siklus II san siklus III dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran Lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), aktivitas belajar dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:34
Last Modified: 25 Aug 2020 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16735

Actions (login required)

View Item View Item