PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Komang Ardiana Yasa, I (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KOMANG ARDIANA YASA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata terhada hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III 33 Mataram, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar pre-test dan post-test diuji normalitasnya dengan rumus Kolmogorov Smirnov dengan bantuan SPSS 21.0 for windows, kemudian diuji homogenitasnya menggunakan uji-F, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t Independent samples t-test dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,163 dan ttabel sebesar 2,021 dengan taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tebak Kata, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:34
Last Modified: 25 Aug 2020 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16736

Actions (login required)

View Item View Item