PENERAPAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NURUL IMAN BABAKAN SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

Haerun, Aini (2019) PENERAPAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NURUL IMAN BABAKAN SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FULL SKRIPSI OKEE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Iman Babakan Sandubaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan menyimak dalam penerapan bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak Anak Usia 5 -6 Tahun di PAUD Nurul Iman Babakan Sandubaya Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana kemampuan menyimak anak dalam penerapan bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Iman Babakan Sandubaya Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif. Adapun jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 7 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang terdiri dari pencatatan data, reduksi, display, verifikasi, dan kesimpulan. Dari penjabaran deskripsi yang ditemukan peneliti, kemampuan menyimak anak dalam penerapan bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Iman Babakan Sandubaya. Meningkatnya kemampuan menyimak anak di lihat dari nilai akhir masing-masing anak memperoleh skor 61%. Indikator kemampuan menyimak anak setelah dilakukan observasi dan wawancara, 7 anak mengalami perkembangan kemampuan menyimak sudah mencapai berkembang sesuai harapan. Jadi kemampuan menyimak dalam penerapan bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Iman Babakan Sandubaya berdampak positif terhadap perkembangan bahasa anak khususnya kemampuan menyimak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:, Kemampuan menyimak, anak Usia 5-6 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:37
Last Modified: 27 Aug 2020 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16737

Actions (login required)

View Item View Item