PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MATEMATIKA BERBASIS TIMSS DENGAN KONTEKS AGAMA ISLAM UNTUK SISWA MIN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

WIWIK, APRILLIA HIDAYAT (2019) PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MATEMATIKA BERBASIS TIMSS DENGAN KONTEKS AGAMA ISLAM UNTUK SISWA MIN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal penalaran matematika dengan konteks agama Islam pada siswa kelas V MIN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020 yang memenuhi kriteria TIMSS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIN 1 Mataram yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari dua tahapan utama yaitu tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesainan soal) dan tahap formulative evaluation (expert review, one-to-one, small group, dan field test). Hasil penelitian ini adalah soal matematika berbasis TIMSS pada domain penalaran menggunakan konteks agama Islam sebanyak 5 butir soal yang terdiri dari 1 soal dengan konten bilangan, 1 soal dengan konten geometri, dan 3 soal dengan konten data. Soal yang dikembangkan sudah memenuhi tiga kriteria soal yang baik yaitu valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan bahwa soal sudah baik dari segi konten, konstruk, dan bahasa. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group ketika siswa mengerjakan soal. Soal sudah sesuai dengan alur pikiran siswa, konteks yang diberikan sudah diketahui, dan soal mudah dibaca serta tidak menimbulkan penafsiran yang beragam. Soal yang dikembangkan tersebut juga memiliki efek potensial yaitu mampu menarik minat, motivasi, dan keseriusan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Soal yang dikembangkan memiliki reliabilitas yang tinggi (0,625), tingkat kesukaran yang sedang (0,57), dan daya pembeda yang baik (0,504).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Soal matematika berbasis TIMSS, penalaran, agama Islam
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:39
Last Modified: 27 Aug 2020 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16744

Actions (login required)

View Item View Item