PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK SMP

IRHAM, AZMI IRHAM AZMI IRHAM AZMI (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK SMP. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS IRHAM AZMI (I2E017008) 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri terintegrasi pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kesadaran metakognisi dan kreativitas ilmiah peserta didik SMP dengan menggunakan model desain Dick & Carey. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga orang dosen ahli sebagai validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek validitas isi dan validitas konstruk dengan rentang skor melebihi ˃85%, dan relibilitas untuk setiap penilaian validator berdasarkan percentage of agreement melebihi ˃75%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terintegrasi pendidikan karakter valid dan reliabel sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi keterlaksanaan pembelajaran dengan rentang skor 86,87%-90,74% untuk semua aspek pembelajaran dengan kriteria terlaksana sangat baik; respon pendidik terhadap perangkat pembelajaran dengan rentang skor 88,33%-92,5% untuk semua aspek dengan kriteria sangat baik; respon peserta didik dengan rentang skor 84,99%-86,91% untuk semua aspek dengan kriteria sangat baik; hasil penilaian LKPD dijadikan sebagai hasil dari aktivitas peserta didik dengan rentang 75%-88% pada komponen membelajarkan metakognisi dan kreativitas ilmiah dengan kriteria baik sampai sangat baik. Uji keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sampai pada tahap uji coba terbatas. Hasil uji coba terbatas kesadaran metakognisi peserta didik dinyatakan mengalami peningkatan dengan skor rata-rata N-Gain 0,51 dengan kriteria sedang, dan kreativitas ilmiah peserta didik dengan skor rata-rata uji N-Gain diperoleh 0,78 dengan kriteria tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak untuk digunakan pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model inkuiri, pendidikan karakter, kesadaran metakognisi, kreativitas ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:51
Last Modified: 11 Sep 2020 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item View Item