PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 23 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DARA, ARYANTI AMANATULLAH (2019) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 23 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dan rancangan penelitian menggunakan Nonequivalent control grup. Semua populasi dijadikan sampel (sampel jenuh). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes membaca permulaan dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan teknik pretest dan posttest. nilai pretest kelas kontrol rata-raat 44,18 lebih rendah dari kelas eksperimen yakni 46,91. Rata-rata nilai posstest pada kelas kontrol lebih rendah yakni 44,68 dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yakni 68,65 setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan t-test sampel independen dengan taraf signifikan 5% dengan berbantuan SPSS versi 21,0. Nilai t-hitung 3,304 > t-tabel 1,681 yang artinya Ha diteriman dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Media Gambar, Kemampuan Membaca Permulaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:42
Last Modified: 27 Aug 2020 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16837

Actions (login required)

View Item View Item