HUBUNGAN KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS,E-READINESS BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT

RINA, MINDI SAFITRI (2020) HUBUNGAN KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS,E-READINESS BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. TESIS_RINA MINDI SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kecenderungan berpikir kritis, e-readinessbelajar dan kemampuan literasi sains merupakan beberapa variabeldalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan mengetahuihubungan kecenderungan berpikir kritis, e-readinessbelajar, dan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar peserta didik kelas IX SMPN se-Kabupaten Lombok Barat. Sampel penelitian ini terdiri dari 326 siswa kelas IX yang berasal dari 12 SMPN di Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan instrumen berupa angket dan soal tes yangdiadopsi dandiadaptasi dari beberapa sumber,dan telah melalui uji validitas dan reliabilitas,serta data sekunder dari dokumentasi nilai masing-masing sekolah responden. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik berada pada kategori “baik”sebesar 73.9%, memiliki kecenderungan berpikir kritis dengan kategori “positif”sebesar 82.2%, memiliki e-readinessbelajar dalam kategori “cukup”sebesar 54.6% dan memiliki kemampuan literasi sains dalam kategori “kurang”sebesar 66%. Hasil uji korelasi antar variabeldidapatkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kategori rendah, sebesar r = 0.212 antara kecenderungan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik(2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kategori rendah, sebesar r = 0.236antara e-readinessbelajar dengan hasilbelajar peserta didik, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kategori kuat, sebesar r = 0.609antara kemampuan literasi sains dengan hasil belajar peserta didikdan (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kategori sangat kuat, sebesar r = 0.811antara kecenderungan berpikir kritis, e-readinessbelajar dan kemampuan literasi sains secara simultan dengan hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): hubungan variabel, kecenderungan berpikir kritis, e-readinessbelajar dan kemampuan literasi sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:56
Last Modified: 11 Sep 2020 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16886

Actions (login required)

View Item View Item