PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

NINING, SEPTI WULANDANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINING SEPTI W..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran generatif berbasis media PhET terhadap hasil belajar fisika, (2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik, dan (3) interaksi antara model pembelajaran generatif berbasis media PhET dengan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian factorial design 2 × 4. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sikur. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Penelitian ini menerapkan pembelajaran generatif berbasis media PhET pada kelas eksperimen 1 dan pembelajaran generatif tanpa media PhET pada kelas eksperimen 2. Data diambil menggunakan soal tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan angket untuk mengetahui gaya belajar peserta didik. Hasil tes akhir hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 80,93 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 64,26. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan software IBM SPSS 22 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbasis media PhET terhadap hasil belajar fisika, (2) terdapat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar fisika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran generatif berbasis media PhET dengan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pembelajaran generatif, media PhET, hasil belajar, gaya belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item