KONFLIK BATIN TOKOH ANGEL DALAM NOVEL AYAH MENGAPA AKU BERBEDA? KARYA AGNES DAVONAR :KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

HAIRUL, ISTIQOMAH (2020) KONFLIK BATIN TOKOH ANGEL DALAM NOVEL AYAH MENGAPA AKU BERBEDA? KARYA AGNES DAVONAR :KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAIRUL ISTIQOMAH fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk konflik batin tokoh Angel dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar: kajian perspektif psikologi individual Alfred Adler. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan data-data tertulis yang diperoleh dari hasil pengamatan tokoh Angel dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar yang diterbitkan oleh : Inandra Published tahun 2011 dengan 234 halaman. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan studi pustaka dan metode baca-catat. Data dalam penelitian ini dianalisi menggunakan metode analis data dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam psikologi individual Alfred Adler pada tokoh Angel dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar. Psikologi individual tersebut yaitu perjuangan menjadi sukses, persepsi subjektif, kesatuan kepribadian, minat sosial, gaya hidup dan daya kreatif. Kemudian kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA yaitu karena dalam kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran yang berbasis teks, sehingga teks novel dijadikan sebagai salah satu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: konflik batin, novel, pembelajran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item View Item