Yuyun, Parwati (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI YUYUN PARWATI (E1Q016080).pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing melalui pendekatan keterampilan proses sains yang layak. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan dalam pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada langkah-langkah pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing melalui pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi perangkat, dilanjutkan dengan tahap penilaian angket respon mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis validitas menggunakan CVR dan CVI berkategori sangat valid. Dan analisis reliabilitas menggunakan Percentage Agreement (PA) yang memiliki nilai PA lebih dari 75% serta respon mahasiswa positif terhadap pengembangan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing melalui pendekatan keterampilan proses sains yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, pendekatan keterampilan proses sains, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 08:35 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 08:35 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16947 |
Actions (login required)
View Item |