PERAN GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS SISWA BERKENDARAAN RODA DUA (STUDI DESKRIPTIF SISWA KELAS X SMAN 5 MATARAM)

LALU, ALAN TIRANGGA SAPUTRA (2020) PERAN GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS SISWA BERKENDARAAN RODA DUA (STUDI DESKRIPTIF SISWA KELAS X SMAN 5 MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL ALAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PPKn dalam menumbuhkan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa (Studi Deskriptif siswa kelas X SMAN 5 Mataram). Subyek penelitian ini adalah Guru PPKn yang mengajar dikelas X, subyek penelitian ini dipilih karena perannya sebagai guru dalam menumbuhkan kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa. Informan dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas X yang dipilih menggunakan teknik Purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut : 1. Siswa yang usia masih dibawah 17 tahun, 2. Siswa yang membawa sepada motor kesekolah, 3. Siswa yang berboncengan 2 tetapi yang di bonceng tidak menggunakan helm. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yakni,: angket/kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn SMAN 5 Mataram sebagai Inspirator dan Infomator sudah cukup baik dalam menjankan perannya dan dapat memberikan informasi yang benar sesuai dengan isi Undang-Undang 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain memberikan informasi kepada siswa kelas X juga memberikan pengetahuan hukum untuk menumbuhkan kesadaran berlalu lintas agar terciptanya tertib dalam berlalu lintas menjadi salah satu kewajiban untuk memenuhi kelengkapan berkendara bagi setiap pengguna jalan raya. Serta Faktor Internal guru PPKn sudah memahami Undang-Undang 22 Tahun 2009 Tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Kemudian Faktor Ekternal berupa kerjasama guru PPKn dengan pihak kepolisian mengadakan sosialisasi tentang kesadaran hukum berlalu lintas kepada siswa kelas X dan kerjasama guru PPKn dengan orang tua siswa untuk menumbuhkan kesadaran hukum berlalu lintas melalui himbauan dari kepala sekolah SMAN 5 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Peran, Guru PPKn, Kesadaran, Hukum, Berlalu lintas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:34
Last Modified: 14 Sep 2020 08:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item View Item