KONSUMERISME DALAM ERA DIGITAL (Fenomena Pengguna Aplikasi Grab dan Go-jek di Kota Mataram)

Asri, Ainun (2020) KONSUMERISME DALAM ERA DIGITAL (Fenomena Pengguna Aplikasi Grab dan Go-jek di Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Asri Ainun (L1C016011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Konsumerisme dalam Era Digital (Fenomena Pengguna Aplikasi Grab dan Go-jek di Kota Mataram)” mengkaji tentang mengapa masyarakat menggunakan aplikasi Grab dan Go-jek serta bagaimana aplikasi tersebut dapat menimbulkan perilaku konsumtif pada masayarakat di Kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam faktor penyebab/alasan masyarakat menggunakan aplikasi tersebut dan gaya hidup konsumtif yang ditimbulkan oleh penggunaan aplikasi Grab dan Go-jek. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Jean P Baudrillard. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Snowball sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi serta di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi menurut Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat menggunakan aplikasi Grab dan Go-jek karena berbagai faktor, baik dari faktor internal yaitu diri sendiri dan gaya hidup yang mewah serta faktor eksternal yaitu lingkungan, keluarga dan teman sebaya. Pemaknaan terhadap penggunaan aplikasi yang berlebihan mengakibatkan masyarakat beranggapan bahwa yang tidak menggunakan aplikasi tidak sama dengan yang menggunakan aplikasi tersebut, sehingga terjadinya diskriminasi dan masyarakat merasa harus menggunakan aplikasi tersebut agar dianggap sama oleh masyarakat lainnya. Masyarakat menjadi konsumtif karena aplikasi yang menarik, aman, nyaman, praktis, murah, serta banyaknya promo-promo yang ditawarkan, pengemudi ramah, cepat, dan efisien. Penggunaan aplikasi yang berlebihan dan tidak mengarah kepada kebutuhan akan barang yang dibeli, serta pemaknaan yang terkonstruksi dari masyarakat yang membawa pengguna aplikasi kepada perilaku konsumtif, yang tidak bisa membedakan realitas dengan hiperrealitas yang terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Masyarakat, Aplikasi Grab dan Go-jek, Hiperrealitas, perilaku konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:33
Last Modified: 14 Sep 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item