PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

LENA, MARLINA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENA MARLINA REVISI SETELAH SIDANG (30 AGUSTUS 2020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA MAN 2 Model Mataram. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas X MIA 1 (kelas kontrol) dan kelas X MIA 4 (kelas eksperimen). Data hasil literasi sains diperoleh melalui tes akhir (posttest) yang dianalisis menggunakan uji beda (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest 76,17, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest 66,75. Hasil uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung (4,14) ≥ ttabel (1,671), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, literasi sains, elektrolit dan non- elektrolit
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:29
Last Modified: 14 Sep 2020 08:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17059

Actions (login required)

View Item View Item