HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN KUALITAS INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIKKELAS V GUGUS II KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019

INDAH, RAHAYU (2019) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN KUALITAS INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIKKELAS V GUGUS II KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bismillah Skripsi Ayu-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

xviABSTRAKHUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN KUALITAS INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIKKELAS V GUGUS II KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019Oleh :Indah Rahayu NIM. E1E015045Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berbicara dengan kualitas interaksi sosial peserta didik kelas V di SDN gugus II kecamatan Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jumlah populasi sebanyak 247 peserta didik yang tersebar di 5 sekolah. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random samplingdengan jumlah sampel sebanyak 64 orang peserta didik. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Sehingga uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus Pearson Produk Momentberbantuan SPSS Versi 16.0. Adapun hasil analisis data dengan N=64 pada taraf signifikasi 5%diperoleh (rhitung) 0,914 > 0,246 (rtabel), maka Haditerima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara keterampilan berbicara dengan kualitas interaksi sosial peserta didik kelas V Gugus II kecamatan Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019. Manfaat dari penelitian ini (a) memberikan kontribusi teoritis terkait keterampilan berbicara dan kualitas interasksi sosial, (b) membantu guru dalam memahami prilaku dan interaksi yang terjadi pada peserta didik, (c) membantu peserta didik memahami prilaku dalam berinteraksi dengan lingkungannya, (d) menjadi acuan bagi sekolah untuk menciptakan suasana sekolah yang damai, (e) menambah wawasan peneliti dalam mengaplikasikan teori yang didapat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Berbicara, Kualitas Interaksi Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:28
Last Modified: 14 Sep 2020 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17079

Actions (login required)

View Item View Item