PENGARUH MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2018/2019

FITRIANI, - (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:i) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, ii) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika, iii) pengaruh bersama-sama antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jonggat sebanyak 66 orang yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik dokumentasi dan angket yang telah valid, dianalisis dengan uji Regresi Linier Sederhana dan uji Regresi Ganda. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan: (i) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2018/2019 dengan besar pengaruh 16,2%. Persentase kategori motivasi belajar yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, randah dan sangat rendah berturut-turut 21,2%, 43,9%, 22,7%, 12,2%, 0 dari 66 siswa yang diteliti, (ii) terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2018/2019 dengan besar pengaruh 16,1%. Persentase kategori kebiasaan belajar yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan kurang sekali berturut-turut 21,2%, 27,3%, 36,4%, 12,1%, 3% dari 66 siswa yang diteliti, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan kebiasaan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2018/2019 dengan sumbangan efektif sebesar 25,2% dan sumbangan efektif masing-masing variabel berturut-turut 12,62% dan 12,55%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:28
Last Modified: 14 Sep 2020 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item