OPTIMASI VARIASI KECEPATAN PENGADUKAN TERHADAP EFISIENSI PENJERAPAN SEDIAAN NANOPARTIKEL SARI BUAH DUWET (Syzygium cumini L.)

WAYAN, CINTYA GANES BUDASTRA (2020) OPTIMASI VARIASI KECEPATAN PENGADUKAN TERHADAP EFISIENSI PENJERAPAN SEDIAAN NANOPARTIKEL SARI BUAH DUWET (Syzygium cumini L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Wayan Cintya Ganes B (K1A016054)- Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buah duwet (Syzigium cumini L.) memiliki ragam manfaat khususnya dalam hal pengobatan. Dilihat dari kandungan senyawa aktifnya seperti fenol, flavonoid, tanin, lignan dan lignin serta senyawa polifenol yang mana berpotensi sebagai antioksidan alami. Pemanfaatan buah duwet masih tergolong rendah dan konsumsi buah duwet segar kurang disukai. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan pengembangan formulasi sediaan dari buah duwet. Pengembangan formulasi sediaan duwet sering dilakukan, namun senyawa aktif pada ekstrak memiliki stabilitas yang rendah karena mudah teroksidasi. Salah satu strategi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menjerap senyawa aktif dalam bentuk nanopartikel. Namun telah diketahui bahwa formulasi sediaan nanopartikel dari ekstrak herbal memiliki nilai persentase efisiensi penjerapan (%EE) zat aktif yang cenderung rendah dan variasi kecepatan pengadukan dapat memberikan pengaruh terhadap nilai %EE zat aktif. Sehingga penelitian kali ini dilakukan untuk menentukan pengaruh variasi kecepatan pengadukan terhadap persentase efisiensi penjerapan (%EE) nanopartikel sari buah duwet (Syzygium cumini L.) yang dihasilkan. Nanopartikel sari buah duwet diformulasikan melalui pencampuran polimer kitosan, ekstrak dan Na-TPP kemudian diaduk dengan variasi kecepatan pengadukan 500 rpm, 1000 rpm dan 1500 rpm. Efisiensi penjerapan tertinggi terdapat pada kecepatan 1000 rpm yakni sebesar 74,01%. Hasil secara statistik menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara variasi kecepatan pengadukan 500rpm, 1000 rpm dan 1500 rpm terhadap persentase efisiensi penjerapan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variasi kecepatan pengadukan 500 rpm, 1000 rpm dan 1500 rpm tidak berpengaruh terhadap nilai efisiensi penjerapan nanopartikel sari buah duwet.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Buah duwet (Syzigium cumini L.), efisiensi penjerapan, kitosan, nanopartikel, optimasi.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:17
Last Modified: 16 Sep 2020 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item