ADAPTASI SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA BURUH TANI PADA LINGKUNGAN YANG BERUBAH AKIBAT PENGEMBANGAN DAERAH LINGKAR BANDARA DI DESA TANAK AWU LOMBOK TENGAH

FINI, ISNARTI (2020) ADAPTASI SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA BURUH TANI PADA LINGKUNGAN YANG BERUBAH AKIBAT PENGEMBANGAN DAERAH LINGKAR BANDARA DI DESA TANAK AWU LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINI ISNARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Adaptasi Sosial Ekonomi Dan Budaya Buruh Tani Pada Lingkungan Yang Berubah Akibat Pengembangan Daerah Lingkungan Bandara Di Desa Tanak Awu Lombok Tengah”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini proses adaptasi yang dilakukan buruh tani dengan terjadinya perubahan yang diakibatkan pembangunan BIL. Bisa dilihat dari beberapa informan yang melakukan adaptasi dengan cara dan upaya- upaya yang berbeda ditunjukkan dengan berbagai bentuk adaptasi: a). Adaptasi konformitas diantaranya: Satuan pengaman/satpam, Pedangan/berjualan pada lapak yang telah disediakan, menjadi buruh tani di luar wilayah Desa Tanak Awu. b). Inovasi dengan meningkatkan harga jual untuk tujuan mendapatkan keuntungan. c). Ritualisme, dengan tetap bertahan bekerja dibidang agraris. Respon sosial ekonomi bisa dilihat dalam perubahan pekerjaan masyarakat desa Tanak Awu dari sektor pertanian ke sektor non pertanian. yang ditandai dengan perubahan proporsi jumlah tenaga kerja yang bekerja di sektor pertanian dan non pertanian serta berkurangnya curahan waktu (jam kerja). Perubahan pekerja menyebabkan perubahan penghasilan yang masyarakat rasakan sangat besar pengaruhnya yaitu dari segi perekonomian keluarganya. Sedangkan Respon budaya dapat ditandai dengan Menjaga dan mempertahankan solidaritas, Etos kerja masyarakat yang semakin tinggi dan Adaptasi masyarakat terhadap kelompok atau perkumpulan (arisan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembangunan bandara, adaptasi, sosial ekonomi, budaya, buruh tani.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:17
Last Modified: 16 Sep 2020 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17115

Actions (login required)

View Item View Item