ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HUSNIYATI, RABIYATIL (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI ( RABIYATIL HUSNIYATI E1R113059_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan yang perlu ada pada diri siswa untuk menganalisis permasalahan matematika dari berbagai sudut pandang kemudian menyelesaikannya dengan kemampuan banyak solusi serta melahirkan ide-ide kreatif dan banyak gagasan. Namun pada kenyataannya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal non rutin masih lemah. Hal ini disebabkan siswa terbiasa mengerjakan tugas atau latihan soal yang tidak jauh berbeda dengan cara yang diajarkan oleh guru. Sehingga mengakibatkan siswa kurang memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitas berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMPN 19 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 124 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan tehnik simple random sampling di kelas VIII C sebanyak 31 siswa. Data diperoleh dengan memberikan siswa intrumen kreativitas berupa tes soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan tes wawancara. Soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebanyak dua soal dari materi segitiga dan sistem persamaan linear dua variabel yang terlebih dahulu telah dilakukan uji validitas terhadap instrumen kreativitas tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong baik, karena tingkat berpikir 2 (kreatif) lebih dari 50% dari jumlah siswa. Secara keseluruhan siswa yang termasuk sangat kreatif sebanyak 1 siswa (3,23%) kreatif sebanyak 20 siswa (64,52%) cukup kreatif sebanyak 6 siswa (19,35%) dan tidak kreatif sebanyak 4 siswa (12,90%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kreatif Matematis, Kefasihan, Fleksibelitas dan Kebaruan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 01:56
Last Modified: 24 Mar 2018 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item