PEFORMEN EKSTERIOR KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) PADA KELOMPOK PETANI TERNAK PASCA GEMPA UNTUK DIJADIKAN BIBIT KAMBING PERAH DI DESA GENGGELANG LOMBOK UTARA

ANANG, MA’RUF (2020) PEFORMEN EKSTERIOR KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) PADA KELOMPOK PETANI TERNAK PASCA GEMPA UNTUK DIJADIKAN BIBIT KAMBING PERAH DI DESA GENGGELANG LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui eksistensi kedua kelompok ternak dan jumlah ternak serta performen eksterior kambing PE yang dipelihara pasca gempa pada kelompok Kerta Bangkit I dan Kerta Bangkit II di Desa Genggelang Dusun Kertaraharja Kecamatan Gangga kabupaten Lombok utara. Metode yang digunakan yaitu survey dan wawancara langsung pada peternak serta pengukuran langsung pada ternak Lokasi. Penelitian ini ditentukan di Kecamatan Gangga Lombok Utara karena merupakan salah satu Kecamatan yang telah ada kelompok ternak yang memelihara kambing PE. Desa tempat penelitian ditentukan atau dipilih di Desa Genggelang dan dusun kertaraharja karena telah ada dua kelompok ternak kambing PE yang sudah cukup lama memelihara kambing PE sebagai ternak perah. Variabel yang diamati yaitu ukuran tubuh, bobot badan dan produksi susu. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisa menggunakan Arithmatic Mean dan Standar Deviasi dengan spreadsheet MS.Excel 2010, kemudian dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kambing jantan dan betina mulai dari umur 8-12, 12-18, 18- 24 dan 24-36 bulan tentang sifat kuantintatif kambing PE pada kelompok kerta I maupun II belum memenuhi standar bibit berdasarkan SNI (2015).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Performen dan Kambing Peranakan Ettawa
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:19
Last Modified: 23 Sep 2020 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17294

Actions (login required)

View Item View Item