Implementasi Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata

Handajani, Lilik (2013) Implementasi Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata. In: Seminar Nasional Pariwisata Hijau dan Pengembangan Ekonomi, 16-17 November 2013, Universitas Mataram.

This is the latest version of this item.

[img] Text (B1 DOKUMEN Prosiding Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata)
Prosiding Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata.pdf

Download (3MB)
[img] Text (B1 DOKUMEN CHECK SIMILARITY Prosiding Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata)
B1 UJI PLAGIASI Prosiding Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata.pdf

Download (2MB)
[img] Text (B1 PEER REVIEW Prosiding Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata)
B1 Peer Reviewer Prosiding Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata.pdf

Download (613kB)

Abstract

Semakin meningkatnya masalah-masalah sosial dan lingkungan yang terjadi atas kegiatan operasional dan legitimasi atas eksistensi perusahaan, mengarah pada pentingnya tanggung jawab etis perusahaan terhadap lingkungan dan sosial agar tetap survive sejalan dengan kepentingan stakeholders. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pelaksanaan dan pelaporan kegiatan CSR perusahaan perhotelan dan jasa wisata yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan analisis isi laporan CSR yang dipublikasikan dalam laporan tahunan perusahaan tahun 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perusahaan cenderung melakukan pelaporan CSR untuk kegiatan sosial dan kemasyarakatan dalam bentuk donasi sosial. Sebagian besar perusahaan (85%) fokus membangun hubungan dengan stakeholder internal (karyawan), namun hanya 62% perusahaan yang memberikan perhatian pada tanggung jawab lingkungan. Beberapa perusahaan (23%) tampak fokus pada upaya pelaksanaan CSR sebagai suatu program berkelanjutan dalam jangka panjang. Sementara sebagian besar lainnya (77%) masih menjalankan CSR sebagai suatu strategi jangka pendek untuk memperoleh legitimasi dalam beroperasi dan membangun citra positif perusahaan untuk peningkatan kinerja ekonomi. Semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, memberikan konsekuensi bagi industri perhotelan untuk mampu membangun hubungan dengan stakeholders dan mengadopsi lebih banyak perhatian dan tindakan yang lebih fokus pada pendekatan responsible tourism untuk perbaikan berkelanjutan dalam jangka panjang. Implikasi praktis bagi industri ini diharapkan dapat menjalankan upaya-upaya CSR berkelanjutan sebagai bagian integral dari aktivitas operasi dan strategi bisnis perusahaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): CSR, hotel, hubungan stakeholder
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Dr. Lilik Handajani
Date Deposited: 03 Oct 2020 06:22
Last Modified: 03 Oct 2020 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17427

Available Versions of this Item

  • Implementasi Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Perhotelan dan Jasa Wisata. (deposited 03 Oct 2020 06:22) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item