POLA PEMBERIAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN GERIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB TAHUN 2017

MIA, CAHYA LESTARI (2020) POLA PEMBERIAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN GERIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh pasien usia lanjut (geriatri) dengan persentase kejadian terbanyak yaitu sebesar 57,6%. Hipertensi pada pasien geriatri dapat disebabkan karena penurunan fungsi organ, sehingga akan lebih rentan terkena penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola pemberian obat antihipertensi dan kesesuaian terapi hipertensi pada pasien geriatri di Instalasi Rawat Inap RSUD Provinsi NTB tahun 2017. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan observasional secara retrospektif terhadap pasien hipertensi di Instalasi Rawat Inap RSUD Provinsi NTB. Pengambilan data dilakukan dengan metode Total sampling terhadap 97 pasien geriatri. Data yang diperoleh dari bagian rekam medik dan resep diolah menggunakan software microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi untuk hipertensi didominasi oleh obat dengan dua kombinasi yaitu amlodipin dan valsartan (88%). Obat tunggal didominasi oleh amlodipin (75%). Kesesuaian peresepan dilihat dari dosis dan frekuensi terapi antihipertensi telah sesuai 100% dengan pedoman pengobatan, namun jenis obat yang digunakan hanya mencapai 99% dilihat dari pemberian kombinasi 3 obat antihipertensi dengan kombinasi golongan Angiotensin Converting Enzym Inhibitor (captopril) dan golongan Angiotensin Receptor Blocker (candesartan) yang menimbulkan interaksi mayor dan efek samping (1%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Hipertensi, Geriatri, Pola Pemberian Obat.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Oct 2020 11:50
Last Modified: 18 Oct 2020 11:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17684

Actions (login required)

View Item View Item