AYAM PETELUR SEBAGAI BIOREAKTOR UNTUK MENGHASILKAN IMUNOGLOBULIN YOLK (IgY) SEBAGAI REAGEN UNTUK DETEKSI DAN TERAPI PENYAKIT

Muhamad Ali, Muhamad Ali and Muhamad Ichsan, Muhamad Ichsan and Yunita Sabrina, Yunita Sabrina (2018) AYAM PETELUR SEBAGAI BIOREAKTOR UNTUK MENGHASILKAN IMUNOGLOBULIN YOLK (IgY) SEBAGAI REAGEN UNTUK DETEKSI DAN TERAPI PENYAKIT. In: Teknologi dan Rekayasa Sosial Ekonomi Berkelanjutan Untuk Kedaulatan Panga dan Energi Kawasan Pulau-Pulau Kecil, 27-10-2018, Lombok Plaza Hotel Mataram.

[img] Text
11. SN-01 Ayam Petelur.pdf

Download (13MB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1ZAHxCKtAdhZ0YATkL...

Abstract

Antibodi yang terdapat pada kuning telur ayam atau imunoglobulin kuning telur (IgY) diterima sebagai alternatif terbaik pengganti antibodi poliklonal mamalia. Antibodi tersebut telah digunakan secara luas untuk berbagai keperluan, seperti sebagai alat penunjang penelitian imunologi molekuler, bahan pembuatan alat diagnostik, bahkan untuk pengobatan penyakit berbagai penyakit. Tujuan dari review ini adalah untuk menyajikan pengetahuan terkini tentang antibodi IgY yang dihasilkan dari ayam yang diimunisasi menyangkut: a) karakteristik IgY, b) produksi IgY pada ayam petelur, c) teknik pemurnian IgY, d) penggunaan IgY untuk diagnostik, e) penggunaan IgY untuk terapi, dan f) penggunaan IgY untuk beberapa keperluan yang lain. Dibandingkan dengan produksi antibodi pada hewan mamalia, teknologi IgY memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya, imonogenisitas, spesifisitas, dan affinitasnya dapat ditingkatkan karena jauhnya jarak pilogenik antara mamalia dan unggas, dapat dihasilkan dalam jumlah lebih banyak dibandingkan dengan pada mamalia, biaya pembuatan yang efektif karena dihasilkan dalam konsentrasi tinggi di dalam kuning telur, serta cara mendapatkannya yang lebih mudah dari telur dibandingkan dengan pengambilan darah maupun pembedahan dari hewan coba.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Keywords (Kata Kunci): antibodi, yolk, IgY, IgG, ayam
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ali Muhamad Ali
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:48
Last Modified: 27 Oct 2020 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17943

Actions (login required)

View Item View Item