Pengaruh Salinitas Terhadap Pertumbuhan, Tingkat Kelangsungan Hidup, dan Konversi Pakan Benih Lkan Nila Oreochromis Niloticus

Didit Haryadi, D. Haryadi and Salnida Yuniarti Lumbessy, S.Y. Lumbessy and Zaenal Abidin, Z. Abidin Pengaruh Salinitas Terhadap Pertumbuhan, Tingkat Kelangsungan Hidup, dan Konversi Pakan Benih Lkan Nila Oreochromis Niloticus. Program Studi Budidaya Perairan Unram.

[img] Text
9-JNPerikanan Unram-Pengaruh Salinitas.pdf

Download (658kB)
Official URL: http://jperairan.unram.ac.id/index.php/JP/article/...

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan bemilai ekonomis tinggi dan merupakan komoditas penting dalam bisnis ikan air tawar dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan, tingkat kelangsungan hidup dan konversi pakan benih ikan nila (Oreochromis niloticus) pada salinitas yang berbeda. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental mengunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari perlakuan salinitas yang berbeda yaitu: 0 ppt, 10 ppt, 15 ppt, 20 ppt, 25 ppt, 30 ppt, 35 ppt, setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga diperoleh 21 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan pemberian salinitas yang berbeda (p>0,05) mempengaruhi pertumbuhan, tingkat kelangsungan hidup dan konversi pakan benih ikan nila, dimana salinitas 10 ppt memberikan pertumbuhan yang cenderung lebih tinggi yaitu 21,23 g dan terendah pada salinitas 30 ppt yaitu 8,97 g. Tingkat kelangsungan hidup cenderung lebih tinggi pada salinitas 0 ppt yaitu 70 % dan terendah pada salinitas 35 ppt yaitu 0 %. Nilai konversi pakan cenderung lebih tinggi pada salinitas 0 ppt yaitu 3,63 dan terendah pada salinitas 30 ppt yaitu 0,47.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): konversi pakan, pertumbuhan, dan tingkat kelangsungan hidup
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: . Salahudin, A.Md.,S.Adm. ,
Date Deposited: 02 Nov 2020 00:13
Last Modified: 02 Nov 2020 00:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18036

Actions (login required)

View Item View Item