PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PEMBERIAN IZIN DISPENSASI PERKAWINAN ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA GIRI MENANG)

YAUMUL IHWAN, M (2020) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PEMBERIAN IZIN DISPENSASI PERKAWINAN ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA GIRI MENANG). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal yang menjadi faktor penyebab sehingga banyak terjadi permohonan dispensasi perkawinan di Pengadilan Agama Giri Menang dan untuk mengetahui serta menganalisa pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Giri Menang dalam memberi permohonan dispensasi perkawinan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan konseptual, pendekatan perundang- undangan, pendekatan sosiologis, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai alasan yang harus dipertimbangkan secara matang oleh Majelis Hakim dalam memberikan izin dispensasi perkawinan, yaitu pertimbangan budaya merariq, tidak adanya halangan untuk menikah, tidak adanya paksaan untuk menikah, kesiapan kedua calon mempelai, tanggung jawab suami istri, dan keikutsertaan orangtua membantu secara moril dan materil. Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab pengajuan permohonan dispensasi perkawinan di Kantor Pengadilan Agama Giri Menang yaitu faktor budaya merariq, faktor hamil diluar nikah, faktor ekonomi, dan faktor pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Dispensasi Perkawinan, Hakim, Pengadilan Agama
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:41
Last Modified: 06 Nov 2020 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18225

Actions (login required)

View Item View Item