PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM GERAK MAKHLUK HIDUP BERBASIS LITERASI SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SISWA SMP

SRI, SUKMA WATI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM GERAK MAKHLUK HIDUP BERBASIS LITERASI SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SRI SUKMA WATI (E1A016069).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis literasi dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing yang sesuai untuk siswa SMP. Prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap utama, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk data penilaian ahli dan respon peserta didik, sedangkan pengujian keterbacaan bahan ajar menggunakan website Automatic Readability. Hasil penilaian ahli menunjukkan skor 0.85 dan termasuk dalam kategori sangat layak. Persentase respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan yaitu 56.3% dan tergolong sangat menarik. Sedangkan uji keterbacaan bahan ajar memiliki indeks 8.0 yaitu sesuai untuk kelas dan usia yang akan menggunakan bahan ajarini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, literasi sains, inkuiri terbimbing
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:15
Last Modified: 23 Nov 2020 02:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item View Item