PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR MODEL INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 8 MATARAM

JULIANI, ROHAILI (2020) PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR MODEL INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_JULIANI_E1A016031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar model inkuiri terbimbing terintegrasi kearifan lokal berbasis outcome based education (OBE) melalui penggunaan media online terhadap keterampilan proses dan literasi sains peserta didik kelas X di SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment), dengan desain penelitian non- equivalent control group design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIA (164 orang). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes keterampilan proses dan literasi sains. Hasil validasi kelayakan bahan ajar oleh ahli menunjukkan skor rata-rata 0,78 yang termasuk dalam kategori layak. Presentase respon peserta didik terhadap bahan ajar yaitu 55,93% yang tergolong sangat menarik. Data keterbacaan menggunakan flesh kinchaid grade level menyatakan naskah bahan ajar layak untuk kelas X dengan rentang usia pengguna 13-16 tahun dan rata-rata indeks keterbacaan sebesar 10,7. Hasil uji hipotesis MANOVA menunjukkan nilai signifikansi keterampilan proses dan literasi sains peserta didik yaitu 0,000 (p < 0,05), artinya H0 ditolak, sehingga penerapan bahan ajar model inkuiri terbimbing terintegrasi kearifan lokal berbasis outcome based education melalui penggunaan media online berpengaruh terhadap keterampilan proses dan literasi sains peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar model inkuiri terbimbing terintegrasi kearifan lokal berbasis outcome based education melalui penggunaan media online berpengaruh terhadap keterampilan proses dan literasi sains peserta didik kelas X di SMAN 8 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: bahan ajar, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, literasi sains.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:22
Last Modified: 23 Nov 2020 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18423

Actions (login required)

View Item View Item