IDENTIFIKASI JENIS DAN MORFOMETRI KELELAWAR (CHIROPTERA) DI GUA PRABU BANGKANG DESA PRABU KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Saepul, Bahri (2020) IDENTIFIKASI JENIS DAN MORFOMETRI KELELAWAR (CHIROPTERA) DI GUA PRABU BANGKANG DESA PRABU KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_C1L016095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelelawar merupakan salah satu mamalia yang masuk dalam ordo Chiroptera. Pulau Lombok diperkirakan memiliki beragam spesies kelelawar, akan tetapi data mengenai jenis dan morfometri kelelawar belum terdokumentasi dengan baik. Selain itu juga, terdapat masalah mengenai kerusakan gua yang menjadi habitat bagi kelelawar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan karakteristik morfometri kelelawar di Gua Prabu Bangkang Desa Prabu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakkan pada penelitian ini dibagi menjadi studi pendahuluan dan penelitian utama. Untuk studi pendahuluan terdapat metode studi literatur dan observasi. Kemudian penelitian utama terdapat metode trap dengan menggunakan mist net dan pengukuran morfometri kelelawar. Analisis data yang digunakkan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapatkan yaitu kelelawar yang ada di Gua Prabu Bangkang terdiri dari 4 jenis diantaranya Chaerephon plicata, Rhinolophus affinis, Rhinolophus simplex dan Taphozous melanopogon. Ukuran morfometri kelelawar Chaerephon plicata, untuk jenis kelamin betina lebih dominan dibandingkan dengan jenis kelamin jantan. Berbeda dengan kelelawar Rhinolophus affinis dan Rhinolophus simplex, morfometri jenis kelamin betina lebih mendominasi daripada jenis kelamin jantan, akan tetapi perbedaannya tidak terlalu signifikan yaitu 0,01-0,08 cm. Sedangkan kelelawar Taphozous melanopogon memiliki morfometri jenis kelamin jantan lebih mendominasi daripada jenis kelamin betina.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kelelawar, Jenis, Morfometri
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:22
Last Modified: 23 Nov 2020 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18424

Actions (login required)

View Item View Item