IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V GUGUS III CAKRANEGARA

Christ, Sarah (2020) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V GUGUS III CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL Christ Sarah E1E016024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V gugus III Cakranegara. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor- faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pelajaran matematika sehingga guru dapat melakukan upaya perbaikan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan dapat menjadi gambaran bagi orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan wali kelas V di SDN 21 Cakranegara dan SDN Model Mataram yang berjumlah 37 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar siswa berminat dalam pelajaran matematika. Adapun faktor internal yang mempengaruhinya yaitu 1) rasa ingin tahu siswa seperti materi yang menarik, penjelasan guru yang mudah dimengerti serta matematika merupakan pelajaran favorit, 2) motivasi siswa seperti siswa ingin membuktikan bahwa siswa mampu berprestasi serta ingin mendapatkan nilai bagus dan menjadi juara kelas, 3) faktor jasmani. Sedangkan faktor eksternal yaitu 1) lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua, relasi anggota keluarga, suasana rumah serta keadaan ekonomi keluarga, 2) faktor lingkungan sekolah yaitu strategi mengajar guru, hubungan antar siswa serta sarana dan prasarana di sekolah, 3) faktor lingkungan masyarakat berupa media massa serta kondisi lingkungan sekitar seperti teman bergaul.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar, matematika SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:23
Last Modified: 23 Nov 2020 07:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18440

Actions (login required)

View Item View Item