KEBIJAKAN PEMERINTAH MALAYSIA DALAM MENANGANI MASALAH PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL MELALUI PROGRAM PENANGANAN PENDATANG ASING TANPA IZIN (PATI)

MIFTAH, PRATIWI NAZAFA (2020) KEBIJAKAN PEMERINTAH MALAYSIA DALAM MENANGANI MASALAH PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL MELALUI PROGRAM PENANGANAN PENDATANG ASING TANPA IZIN (PATI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

Kepentingan Malaysia akan tenaga kerja menyebabkan permasalahan bagi negara Malaysia seiring dengan keberadaan pekerja migran ilegal asal Indonesia. Data yang pasti diperlukan untuk mengetahui tindakan yang akan diambil dan dapat mengatasi pekerja migran ilegal. Sejumlah upaya dilakukan untuk mengatasi kebanjiran pekerja migran ilegal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menentukan fondasi diambilnya kebijakan terhadap PMI ilegal melalui program penanganan PATI berupa faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan oleh pemangku kebijakan politik; 2) menentukan alasan-alasan yang menjadi pertimbangan tenaga kerja ilegal asal Indonesia bekerja di Malaysia; 3) menganalisa proses aplikasi kebijakan dan efektifitas dari kebijakan pemerintah Malaysia dalam upaya menangani masalah PMI ilegal di Malaysia melalui program penanganan PATI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini mendapati bahwa : 1) pekerja migran ilegal ada di Malaysia didorong oleh faktor internal dan eksternal; 2) masalah yang ditimbulkan oleh pekerja migran memunculkan kebijakan dalam bentuk program yang sifatnya sementara; 3) kebijakan yang diambil belum efektif untuk menimbulkan efek jera bagi pekerja migran ilegal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pekerja migran ilegal, faktor internal, faktor eksternal, kebijakan Malaysia
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:23
Last Modified: 23 Nov 2020 07:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18443

Actions (login required)

View Item View Item