MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA SUHU RUANGAN DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR YANG DISUPLEMENTASI FILTRAT JAMBU BIJI DENGAN FILTRAT BUAH TIN

EFITRI, EFITRI (2020) MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA SUHU RUANGAN DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR YANG DISUPLEMENTASI FILTRAT JAMBU BIJI DENGAN FILTRAT BUAH TIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motilitas dan viabilitas spermatozoa dalam pengencer tris kuning telur (TKT) ditambah filtrat buah jambu dan filtrat buah tin yang disimpan pada suhu ruangan. Penampungan sperma dilakukan 2 kali seminggu selama 5 kali ulangan dengan menggunakan vagina buatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental Laboratorik dengan rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan pada penelitian ini yaitu pengencer tris kunig telur sebagai kontrol (P0), pengencer perlakuan (P1) terdiri tris kuning telur + filtrat buah jambu (FBJB) dan (P2) filtrat buah tin (FBT) dengan 5 kali ulangan. Variabel yang diamati meliputi motilitas individu, motilitas progresif dan viabilitas spermatozoa sampai batas minimum motilitas 40% . Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Perlakuan terbaik adalah P1 dengan motilitas 81,6%±1,1 dan viabilitas 83,4%±1,3% FBJB diikuti dengan P0 dan P2 masing-masing 82,4%±1,8% dan 83,7%±2,5%. Motilitas dan viabilitas spermatozoa dapat dipertahankan sampai jam ke-10. Kesimpulan, bahwa FBJB dan FBT dapat mempertahankan motilitas dan viabilitas spermatozoa serta efektif dan efisien digunakan sebagai medium pengencer spermatozoa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Filtrah jambu biji, filtrat buah tin, kambing Boer, spermatopzoa, suhu ruangan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:41
Last Modified: 24 Nov 2020 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18491

Actions (login required)

View Item View Item