PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MATARAM TAHUN 2017

ISTIQAMAH, BAIQ (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MATARAM TAHUN 2017. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ ISTIQAMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Mataram Tahun 2017. Penelitian ini merupakan quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 67 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan angket respon siswa. Data tes hasil belajar dan angket reson siswa dengan rata- rata berturut-turut 68,21 dan 76,24. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji regresi dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan Microsoft Office Excel 2007. Hasil uji hipotesis menunjukkan rhitung = 0,76 lebih besar dari rtabel = 0,30. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Mataram Tahun 2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:04
Last Modified: 31 Mar 2018 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item