KANDUNGAN MINERAL Na DAN K PADA RUMPUT BINTANG DAN PADA TANAH DI BALAI PEMBIBITAN TERNAK DAN HIJAUAN MAKANAN TERNAK SERADING

DINDI, DWI JULIANDITA (2020) KANDUNGAN MINERAL Na DAN K PADA RUMPUT BINTANG DAN PADA TANAH DI BALAI PEMBIBITAN TERNAK DAN HIJAUAN MAKANAN TERNAK SERADING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Suatu penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juni s/d Agustus 2020 di padang penggembalaan milik BPT-HMT Serading. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kandungan unsur kalium (K) dan natrium (Na) pada rumput bintang dan pada tanah tempat rumput bintang tumbuh serta korelasinya. Penelitian menggunakan metode deskriptif, dimana pengambilan sampel tanah ataupun sampel rumput bintang dilakukan secara diagonal dan disetiap titik diagonal diambil sampel secara komposit dari tiga titik pengambilan sampel dalam paddock yang ditumbuhi rumput bintang. Analisis unsur Na dan K menggunakan metode Atomic Absorpsion Spectro photometry (AAS). Hasil penelitian menunjukkan rataan kandungan K pada tanah lebih rendah (0,27%) dibanding pada rumput bintang (0,75%), sedangkan kandungan Na pada tanah dan pada rumput bintang yang tumbuh di atasnya tidak berbeda yaitu sebesar 0,03%. Kandungan K dan Na pada tanah berkorelasi lemah dengan kandungan K dan Na pada rumput bintang dengan nilai korelasi (R) K tanah dengan K rumput bintang sebesar 0,36 dan nilai korelasi Na tanah dengan Na rumput bintang sebesar -0,15. Disimpulkan bahwa rataan kandungan K pada tanah lebih rendah (0,27%) dibanding pada rumput bintang (0,75%), sedangkan kandungan Na pada tanah dan pada rumput bintang tidak berbeda yaitu sebesar 0,03%. Kandungan K dan Na pada tanah berkorelasi lemah dengan kandungan K dan Na pada rumput bintang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kandungan K, Na, tanah , rumput bintang, BPT-HMT Serading
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:22
Last Modified: 24 Nov 2020 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18536

Actions (login required)

View Item View Item