PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DI KELAS X JURUSAN TATA NIAGA SMK NEGERI 1 MATARAM

ZAENUDIN, AHMAD (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DI KELAS X JURUSAN TATA NIAGA SMK NEGERI 1 MATARAM. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI _AHMAD ZAENUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini melihat dari kenyataan di dalam kelas, di mana siswa tidak bisa mengerjakan tugas teks anekdot dengan baik karena siswa hanya terpaku dengan contoh dan penjelasan yang diberikan oleh guru tanpa mereka mengembangkan materi yang telah diberikan. Semua itu disebabkan oleh pembelajaran yang masih dikatakan sebagai pembelajaran yang konvensional atau lebih dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa dalam menulis teks anekdot di kelas X jurusan tata niaga SMK Negeri 1 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument soal pilihan tunggal dan uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (4,31) > ttabel (2,000) pada taraf signifikan 5%. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:04
Last Modified: 31 Mar 2018 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item