ANALISIS SALURAN DRAINASE PADA KAWASANPERUMAHAN TANJUNG KARANG PERMAI,KELURAHAN TANJUNG KARANG KECAMATAN SEKARBELA,KOTA MATARAM

RIFQI ALVIAN, M (2020) ANALISIS SALURAN DRAINASE PADA KAWASANPERUMAHAN TANJUNG KARANG PERMAI,KELURAHAN TANJUNG KARANG KECAMATAN SEKARBELA,KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir M.Rifqi Alvian F1A113035 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perumahan Tanjung Karang Permai mempunyai permasalahan banjir yang bervariasi dengan ketinggian sampai 25cm. Banjir terjadi diakibatkan karena kapasitas saluran yang tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluap dan mengakibatkan banjir. Penanganan dari permasalahan banjir pada perumahan Tanjung Karang Permai adalah dengan mengevaluasi saluran drainase apakah saluran drainase eksisting dapat menampung debit banjir rancangan kala ulang 2tahun. Tindakan yang dilakukan dalam mengevaluasi saluran drainase adalah dengan normalisasi lalu menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan dan merencakan ulang dimensi jika dimensi saluran eksisting sudah tidak mampu menampung debit banjir rancangan kala ulang 2 tahun. Dari hasil analisis tinggi curah hujan di Perumahan Tanjung Karang Permai periode ulang 2tahun (R2th) adalah = 86,36 mm dari 14 saluran diperoleh 12 saluran mampu menampung debit banjir rancangan dan 2 (dua) saluran tidak mampu menampung debit banjir rancangan, yaitu saluran F1 dan D1, di karenakan adanya pendangkalan sedimentasi pada saluran tersebut. Saluran F1, dan D1 tidak mampu menampung debit banjir rancangan disebabkan karena adanya sedimentasi yang mengendap di saluran tersebut sehingga mengurangi kapasitas saluran eksisting. Untuk mengoptimalkan kinerja saluran tersebut direkomendasikan dengan cara membersihkan sedimen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: drainase, evaluasi saluran drainase.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:01
Last Modified: 25 Nov 2020 02:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item