Marniati, Marniati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 BELEKA KECAMATAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI Marniati.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Beleka Kecamatan Gerung Tahun Pelajaran 2018/2019.Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental design dengan desain non equivalent control grup desain. Teknik sampling adalah non-probability sampling yakni sampling jenuh.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 orang siswa kelas V SDN 3 Beleka,siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol.Data hasil belajar(posttest)diuji normalitasnya dengan chi-kuadrat kemudian di uji homogenitasnya menggunakan perbandingan varians terbesar dan varians terkecil,pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen.Selanjutnya,data dianalisis menggunakan uji-t(separated varians).diperoleh t hitung=3,43 dan t tabel=1,9987 dengan taraf signifikan 5%.Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelasV SDN 3 Beleka Kecamatan Gerung Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Picture and Picture,MediaPuzzle, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Solicha Nur Karina, S.IIP |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 06:13 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 06:13 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18561 |
Actions (login required)
View Item |